Minggu, 03 Oktober 2010

Tugas ke - 1 Softskill


1. Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia
      Perkembangan teknologi informasi dan komputer menyebabkan perubahan kultur kita sehari-hari yang disebut dengan “information age”. Media elektronik menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis kepada semua orang. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti oleh masyarakat, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat, karena mengingat kebutuhan dalam bidang bisnis informatika ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Perkembangan ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk masa kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas tinggi, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Seperti yang kita tahu permasalahan di dunia ini adalah “ruang dan waktu” oleh karena itu penerapan teknologi informatika sangat dibutuhkan, maka dibutuhkan sebuah penerapan teknologi untuk memecahkan masalah. Karena banyaknya permintaan masyarakat dalam bidang teknologi informasi dan komputer di Indonesia dalam segala bidang maka munculah perusahaan-perusahaan yang bergelut dalam bisnis informatika ini. Seperti contohnya penyedia layanan internet, software house, hosting, dll.

2. Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
E-commerce atau Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana secara elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data secara otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas darai pada e-commerce, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga penggabungan bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data, e-mail, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce.
Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:
a. Electronic Markets (EMs) merupakan sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan di pasar tersebut. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan berbagai fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang akan ditawarkan.
b. Elektronic Data Interchange (EDI) adalah sarana untuk mengefisiensikan pertukaran data transaksi regular yang berulang – ulang  dalam jumlah yang besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas.
c. Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan atau pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer pada rekening penjual barang tersebut.
Beberapa faktor penunjang bertahannya suatu perusahaan e-commerce :
•Menyediakan harga yang kompetitif.
•Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
•Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
•Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
•Memberikan perhatian khusus seperti usulan atau saran dari pembelian.
•Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan.
•Mempermudah kegiatan perdagangan.
Aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce antara lain :
• E-mail dan Messaging.
• Sistem pembayaran domestik dan internasional.
• Newsgroup.
• Dokumen, spreadsheet, database.
• Akunting dan sistem keuangan.
• Informasi pengiriman dan pemesanan.
• Pelaporan informasi dari klien dan enterprise.
• Online Shopping.
• Online Banking.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang e-commerce antara lain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat antara lain tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, baliwae.com, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar